KEN

Dinamika kehidupan manusia di masa lampau, mulai intrik politik, revolusi, perang, pemberontakan, perebutan kekuasaan, bencana dan berbagai penemuan, perkembangan, pengetahuan, ekonomi, teknologi, tekhnik, budaya, gaya hidup, kesehatan, hukum, filsafat, sastra, fakta, peristiwa, cara, bisnis, usaha, uang, internet, youtube, online, dagang, asuransi, pendidikan dan hal lain yang mengubah wajah dunia akan menjadi cerita memikat yang selalu kami hadirkan disini.

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 28 January 2019

Keuntungan menjadikan hobi sebagai lahan usaha







Ide bisnis bisa datang dari mana saja, termasuk hobi. Ya, cukup banyak hobi yang bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Hobi fotografi misalnya, kegiatan yang semakin banyak digandrungi anak muda ini sangat potensial bila dijadikan lahan bisnis. Anda bisa menjual hasil cepretan foto ke situs-situs seperti Shutterstock.com dan iStockphoto.com.Anda bisa juga menjadi seorang fotografer profesional untuk berbagai keperluan seperti event organizer, iklan, atau foto produk. 

Selain fotografi, ada banyak hobi lainnya yang bisa dijadikan lahan bisnis, seperti menggambar, membuat rajutan, menulis, mengoleksi sesuatu dan sebagainya. Bila kita mampu melihat peluang dari hobi tersebut, cobalah membuat business plan nya dengan baik. Pertimbangkan apakah itu bisa Anda jadikan penghasilan utama atau hanya sekadar tambahan penghasilan. 
Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menjalani usaha dari sesuatu yang  disukai. Berikut beberapa diantaranya. 

Ahli dalam bidangnya
Karena merupakan sebuah kegemaran, tentu sedikit banyak Anda sudah menguasai bidang usaha yang Anda sedang jalani, dengan segala kemampuan teknisnya. Misalnya, Anda seorang pecinta kopi, gemar mengkonsumsi kopi dengan jenis atau varian yang baru. Pada suatu ketika, Anda punya peluang untuk membuat sebuah coffee shop. Tentu, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat riset produk, mempelajari tentang kopi, menganalisa pasar dan sebagainya. 

Bekerja dengan senang hati
Bekerja dari hobi yang kita miliki akan membuat kita bekerja dengan senang hati. Bila perasaan senang ada di setiap hari-hari Anda kerja, maka Anda pun senantiasa akan menghasilkan produk-produk yang baik. Kesungguhan biasanya datang dari apa yang kita cintai, begitu juga dengan bisnis. Bila Anda memiliki sebuah hobi, apa salahnya bila dicoba sebagai peluang usaha? 

Tidak merasa terbebani
Tidak ada pekerjaan yang mudah, menyenangkan terus dan nyaris tanpa beban. Namun, bila Anda menjalani usaha dari apa yang Anda cintai, beban itu tidak akan begitu terasa karena kita menyukainya. Memang, hobi pun ketika ia sudah dikomersialisasikan, maka akan ada tanggung jawab kepada klien, ada reputasi yang mesti dipertaruhkan sehingga menuntut Anda dituntut untuk membuat produk yang sempurna. 

Selain uang, ada kepuasaan
Selain uang yang memang bisa Anda dapatkan dari usaha, Anda juga bisa mendapatkan kepuasaan dari apa yang Anda lakukan. Ambil contoh, ada beberapa orang yang sangat suka berorganisasi, mengerjakan berbagai proyek event bersama tim. Ketika ia bisa mengembangkan kegemarannya tersebut menjadi sebuah bisnis event organizer, maka ia akan mendapatkan kepuasan begitu acara yang ia kelola berjalan dengan sangat baik. 




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages